"TUGAS 7" SOAL-SOAL IPS SMA
Posted by
SOAL KELAS X SEMESTER I
1. Suatu yang dianggap berharga, berguna pantas oleh
orang disebut . . . .
a. norma
b. nilai
c. hobi
d. moral
e. tindakan
2. Contoh nilai yang telah melembaga dalam kehidupan
masyarakat antara lain. . . .
a. gotong royong
b. sikap individualistic
c. sikap materialistic
d. konsumeristik
e. nepotisme
3. Sanksi yang diberikan kepada seseorang bertujuan untuk
. . . .
a. agar si pelaku lebih terkenal
b. dapat meningkatkan generasi seseorang
c. agar terdapat perubahan tingkah laku
d. membuat rasa malu bagi si pelanggar
e. membuat si pelaku kebal hokum
4. Suatu perbuatan yang diulang-ulangi dalam bentuk yang
sama sehingga menjadi pola masyarakat disebut . . . .
a. usage
b. folkways
c. adat istiadat
d.
mores
e.
custom
5. Norma yang daya pengikatnya rendah disebut . . . .
a.
folkways
b.
mores
c.
usage
d.
habit
e. custom
6. Contoh sanksi yang diberikan kepada orang yang
melanggar adat yang dirasa berat adalah . . . .
a. cemoohan
b. hukuman penjara
c. cdelaan
d. pengucilan dari masyarakat
e. digosipkan
7. Nilai kebenaran yang berguna bagi rohani manusia
bersumber pada . . . .
a. kepercayaan terhadap suatu agama
b. keyakinan diri sendiri
c. perasaan manusia
d. unsure akal manusia
e. unsure indera manusia
8. Himpunan petunjuk untuk perintah dan larangan yang
mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat atau Negara adalah . . . .
a. norma kebiasaan
b. norma
c. norma adat
d. norma agama
e. norma kesusilaan
9. Kehidupan dalam suatu masyarakat akan berjalan tertib
dan teratur jika anggota masyarakat
sendiri bertindak sesuai dengan yang diharapkan, yang berpedoman pada . . . .
a. apa yang di kehendaki
b. kebiasaan yang telah mendarah daging
c. aturan penguasa
d. norma yang berlaku
e. symbol-simbol kekuasaan
10. Contoh nilai yang mendarah daging di bawah ini adalah
. . . .
a. setiap hari ibu member jajan kepada anaknya
b. ayah setiap hari berpesan kepada ibu agar menjaga
anak-anak dengan baik
c. seorang prajurt berjuang sampai titik darah
penghabisan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh
d. selamatan tujuh bulan selalu dilaksanakan olah
masyarakat tertentu bagi wanita hamil anak pertama
e. larangan buang air kecil di sembarag tempat bagi
orang-orang yang beradab
11. Segala sesuatu yang berguna bagi unsure manusia
disebut unsure . . . .
a. material
b. vital
c. kerohanian
d. kebaikan
e. kebenaran
12. Nilai-nilai social mempunyai fungsi umum, antara lain
. . . .
a. mengukur usaha manusia dalam memperlakukan usaha
tersebut
b. mengukur kedudukan seorang dalam menggunkan nilai
tersebut
c. mengarahkan manusia dalam berpikir dan
bertingkah laku
d. mengukur seberapa banyak orang yang menganut nilai
tersebut
e. merupakan langkah awal bagi manusia untuk memperkuat
kekuasaannya
13. Aturan yang disebut dalam masyarakat untuk mencapai
keseimbangan social disebut . . . .
a. nilai
b. adat istiadat
c. pandangan hidup
d. norma
e. kebiasaan
14. Dilarang mencuri, membunuh, dan memperkosa. Hal
tersebut menunjukan adanya keterkaitan antara norma yang satu dengan norma yang
lain, yaitu antara . . . .
a. norma kesopanan dengan norma kebiasaan
b. norma kelakuan dengan norma hokum
c. norma hokum dengan norma agama
d. norma kebiasaan dengan norma adat istiadat
e. norma agama dengan norma kesopanan
15. Aturan yang umumnya tidak ditilis, tetapi tetap dianut
oleh masyarakat, dan bagi siapa saja yang melanggar tetap dikenakan sanksi,
yaitu . . . .
a. adat istiadat
b. norma kesusilaan
c. tata kelakuan
d. norma hokum
e. norma kebiasaan
16. Norma hukum bagi masyarakat mempunyai sifat sebagai
berikut . . . .
a. tidak dapat dipaksakan karena harus ada kesadaran
b. dapat dilaksanakan karena berlaku untuk umum
c. tergantung situasi dan kondisi masyarakat
d. tergantung jenis pelanggaran dan jenis sanksinya
e. tingkatnya paling rendah dan sanksinya ringan
17. Proses social yang termasuk proses asosiatif adalah
sebagia berikut, kecuali. . . .
a. akomodasi
b. kerjasama
c. koltraversi
d. asimilasi
e. akulturasi
18. Factor-faktor yang mendorong manusia berinteraksi
antara lain sebagai berikut, kecuali dorongan untuk . . . .
a. mempertahankan diri
b. menyendiri
c. memenuhi kebutuhan hidup
d. hidup bersama
e. meneruskan ketuurunan
19. Suatu interaksi social diawali dengan . . . .
a. kontak social
b. perilaku social
c. hubungan social
d. kehidupan social
e. jalinan social
20. Interaksi langsung mempunyai keuntungan diantaranya
adalah . . . .
a. proses lebih mudah
b. proses lebih ekonomis
c. berlangsung lebih prektis
d. salah paham dapat segera dicegah
e. proses berlangsungnya lebih efesien
21. Akomodasi bertujuan untuk,kecuali . . . .
a. mengurangi pertentangan individu dan kelompok
b. mencegah meledaknya suatu pertentangan
c. mengusahaan peleburan antar kelompok social yang
terpisah
d. memungkinkan terjadinya kerjasama antar kelompok
social
e. membuat pertentangan kelompok dengan
individu
22. Factor yang
mempengaruhi interaksi social yang disebabkan oleh proses mempersamakan
perasaan dengan perasaan orang lain disebut . . . .
a. sugesti
b. simpati
c. imitasi
d. identifikasi
e. motivasi
23. Bentuk-bentuk kerjasama antara lain . . . .
a. bargaining
b. cooptation
c. competition
d. coalition
e. joint vneture
24. Proses akomodasi dengan cara mempertemukan
keinginan-keinginan pihak yang berselisih disebut . . . .
a. koersi
b. arbitrasi
c. toleransi
d. konsiliasi
e. ajudikasi
25. Bila golongan minoritas mengalami gangguan dari
penguasa, maka akan . . . .
a. mendorong akulturasi
b. menghambat akomodasi
c. menghambat asimilasi
d. mendorong rekonsiliasi
e. menghambat proses social
26. Proses disosiatif meliputi hal-hal berikut, kecuali .
. . .
a. persaingan
b. pertentangan
c. kontravensi
d. stalemate
e. konflik
27. Konflik dapat terjadi kerena sebagai berikut, kecuali
. . . .
a. perbedaan kepribadian
b. perbedaan suku ras
c. perbedaan keturunan
d. perbedaan kepentingan
e. perubahan social
28. Pertentangan yang terjadi antar golongan dalam suatu
masyarakat yang berdaulat disebut . . . .
a. pertentangan pribadi
b. pertentangan antar kelas social
c. pertentangan internasional
d. pertentangan politik
e. pertentangan social
29. Suatu bentuk penyelesaian konflik melalui pengadilan
disebut . . . .
a. ajudikasi
b. stalemate
c. toleransi
d. penyesuaian sengketa
e. konsiliasi
30. Dinamika social progresif adalah kondisi social yang
selalu . . . .
a. tidak berubah
b. bergerak mundur
c. bergerak tanpa arah
d. bergerak maju tanpa nilai
e. bergerak maju terkendali
31. Salah satu cirri-iri interaksi social antara lain . .
. .
a. diawali dengan komunikasi
b. pelakunya minimal lebih dari 2 orang
c. memiliki dimensi waktu
d. memiliki peranan
e. ada perbedaan anter pelaku
32. Tingkah laku yang diharapkan diperbuat seseorang
sesuai dengan statusnya adalah . . . .
a. nilia social
b. norma social
c. komunikasi social
d. peranan social
e. keteraturan social
33. Bila semua kelompok anggota kelompok social berusaha
menyesuaikan diri dengan aturan yang telah mereka buat, maka proses social
order ini termasuk tahap . . . .
a. menciptakan tertib social
b. keteraturan social
c. keajengan
d. terpola
e. dinamis
34. Nonton siaran berlangsungnya Pansus Century di DPR
melalui televise termasuk . . . .
a. kontak primer
b. kontak sekunder langsung
c. kontak sekunder tidak langsung
d. kontak langsung
e. kontak social
35. Sangking marahnya tim sepak bola kesauangannya kalah,
pak Rudi melempar televisinya hingga pecah. Tindakan pak Rudi tersebutu
merupakan tindakan . . . .
a. irasional
b. rasional instrumental
c. rasional berorientasi nilai
d. tradisional
e. afektif
36. Sosiologi
lahir dari lontaran kekhawatiran seseorang ahli filsafat Prancis yang bernama
...
a.
Herbaert Spencer
b.
August
Comte
c.
Thomas Hobbes
d.
Lester Frank Ward
e.
Max Weber
37. Sosiologi
didasarkan pada observasi, tidak spekulatif, dan menggunakan akal sehat. Hal
ini sosiologi bersifat ...
a.
Empiris
b.
Kumulatif
c.
Praktis
d.
Teoritis
e.
Non-etis
38. Sosiologi
berusaha menyusun kerangka berfikir yang logis dari hasil-hasil observasi. Hal
ini menunjukan bahwa sosiologi bersifat ...
a.
Empiris
b.
Kumulatif
c.
Praktis
d.
Teoritis
e.
Non-etis
39. Sosiologi
menjelaskan fakta-fakta secara analitis. Hal ini menunjukan bahwa sosiologi
bersifat ...
a.
Empiris
b.
Kumulatif
c.
Praktis
d.
Teoritis
e.
Non-etis
40. Bahasa
latin socius yang merupakan asal kata sosiologi diartikan sebagai ...
a.
Lawan
b.
Musuh
c.
Teman
d.
Saudara
e.
Family
41. Sosiologi
disebut sebagai ilmu kemasyarakatan karena ...
a.
Berkenaan
dengan kehidupan masyarakat
b.
Berhubungan dengan
jumlah masyarakat
c.
Ada unsur kerja sama
dan pertentangan masyarakat
d.
Kumpulan manusia membentuk
masyarakat
e.
Berkaitan dengan
kehidupan rakyat kecil
42. Ruang
lingkup sosiologi meliputi ...
a.
Interaksi
sosial
b.
Hubungan sosial
c.
Kaidah sosial
d.
Proses sosial
e.
Unsur sosial
43. Bahan
kajian didalam ilmu sosial adalah ...
a.
Fenomena alam dan
manusia
b.
Hubungan
sosial antar manusia
c.
Aspek ilmiah
masyarakat
d.
Perwujudan
kerohanian mayarakat
e.
Hubungan manusia
dalam pemerintahan
44. Kerangka
berfikir yang terdiri dari unsur-unsur yang secara logis menjelaskan hubungan
sebab akibat merupakan gambaran dari ...
a.
Abstraksi
b.
Teori
c.
Generalisasi
d.
Konsep
e.
Dalil
45. Ilmu
pengetahuan ditemukan dari yang sederhana kemudian berkembang kearah yang lebih
kompleks dan maju sehingga memiliki sifat ...
a.
Teoritis
b.
Objektif
c.
Kumulatif
d.
Rasional
e.
Empiris
46. Berikut
ini adalah contoh masalah sosial, kecuali ...
a.
Harga
sembako mahal
b.
Kebodohan
c.
Rakyat miskin makin
banyak
d.
Pengangguran
dimana-mana
e.
Kriminalitas
meningkat
47. Sosiologi
selalu berusah menjelaskan
kejadian-kejadian yang ada di masyarakat, sehingga secara tidak langsung
dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pembangunan masyarakat. Hal ini
sesuai dengan sifat sosiologi yang termasuk ...
a.
Ilmu normatif
b.
Ilmu terapan
c.
Ilmu budaya
d.
Ilmu murni
e.
Ilmu
kategoris
48. Konsekuensi
sosiologi sebagai ilmu masyarakat adalah bahwa ilmu ini mempelajari tentang ...
a.
Struktur, proses dan perubahan lingkungan hidup
b.
Populasi, dan proses
perubahan sesuatu komunitas
c.
Norma, kaidah dan
kebudayaan suatu masyarakat
d.
Struktur,
proses dan perubahan-perubahan sosial
e.
Kesejahteraan,
penghasilan dsn jumlah penduduk
49. Objek
sosiologi adalah ...
a.
Hubungan manusia
dengan lingkungan sekitarnya
b.
Hubungan
manusia dan interaksi didalam masyarakatnya
c.
Adat istiadat dan
kebiasaan manusia sehari-hari
d.
Kumpulan manusia
sebagai makhluk hidup di bumi
e.
Hal-hal yang
berhubungan dengan hidup sebagai bangsa
50. Meningkatkan
daya atau kemampuan manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkunagn hidupnya
merupakan ...
a.
Definisi sosiologi
b.
Manfaat
sosiologi
c.
Obyek sosiologi
d.
Tujuan sosiologi
e.
Ruang lingkup
sosiologi
51. Mengembangkan
pengetahuan yang objektif mengenai gejala kemasyarakatan dapat bermanfaat secar
efektif bagi seseorang dalam menghadapi ...
a.
Atasan langsungnya
b.
Teman sebaya nya
c.
Masalah-masalah
sosial
d.
Masalah kependudukan
e.
Masalah perekonomian
52. Sosiologi
dapat digunakan pada suatu cakupan paling luas yang meliputi ...
a.
Pembangunan
dan penelitian
b.
Pendidikan dan
keterampilan
c.
Perencanaan dan
pengawasan
d.
Pelaksanaan dan
pengawasan
e.
Penilaian dan
penyuluhan
53. Perbedaan
sosiologi dan antropologi sulit ditentukan secara tegas terutama pada ...
a.
Metode penelitiannya
b.
Obyek
penelitiannya
c.
Manfaat
penelitiannya
d.
Ruang lingkup
penelitiannya
e.
Tujuan penelitian
54. Metode
kuantitatif adalah metode yang ...
a.
Mengutamakan
kualitas data
b.
Dilakukan secara
sederhana
c.
Menggunakan
pendekatan subjektif
d.
Menggunakan
perhitungan statistik
e.
Dilakukan
secara berkelanjuan
55. Berikut
ini kegunaan sosiologi kecuali ...
a.
Penelitian
b.
Perencanaan sosial
c.
Anggaran
pembangunan
d.
Pembangunan
e.
Pemecahan masalah
sosial
SOAL KELAS X SEMESTER II
1.
Sesuatu yang ingin
dicapai setelah berlangsunng nya proses sosialisasi adalah individu dapat ...
a.
Beradaptasi dengan
lingkungan nya
b.
Berinteraksi dalam
kelompok nya
c.
Berperilaku
sesuai dengan nilai, norma, dan budaya yang berlaku dalam kelompoknya
d.
Berperilaku wajib
dan diterima didalam kelompok nya
e.
Membuat perbandingan
perilaku antara kelompok yang satu dengan yang lain
2.
Seseorang yang tidak
pernah bersosialisasi akan sulit ...
a.
Mengemukakan
pendapat dimuka umum
b.
Beradaptasi
dengan masyarakat lingkungan
c.
Menerima kelebihan
dan kekurangan orang lain
d.
Membedakan kenyataan
dirinya dengan yang dihadapi masyarakat
e.
Menerima perbedaan
perilaku dari warga masyarakat
3.
Agen sosialisasi
pada tahap awal pembentukan kepribadian anak adalah ...
a.
Tokoh masyarakat
b.
Sekolah
c.
Media massa
d.
Keluarga
e.
Kelompok bermain
4.
Contoh terjadinya
sosialisasi sekunder terhadap seorang
anak adalah ...
a.
Usin
menjadi juara bermain layang-layang setelah diajari oleh Herman
b.
Hasan diajarkan cara
memegang sendok dengan baik oleh ibunya
c.
Robin berkenalan
dengan Dudi yang tinggal di sebelah rumahnya
d.
Tuti mengenalkan
adiknya gambar-gambatr ikan yang ada di buku
e.
Ade bersalaman
dengan kakek pada waktu berkunjung ke kampung
5.
Setelah melihat
pertunjukan dilayar Televisi yang
memperlihatkan seorang jagoan dapat terbang, Budi menirukan perbuatan tersebut
dan mencoba meloncat dari lantai atas rumahnya. Hal ini menunjukan bahwa peran
media elektronik sangat berpengaruh terhadap ...
a.
Perkembangan pribadi
individu
b.
Perkembangan fisik
individu
c.
Perkembangan
pola perilaku seseorang
d.
Perubahan sikap
seseorang
e.
Perubahan
intelektual seseorang
6.
Proses belajar seorang anak untuk menjadi anggota yang
berpartisipasi didalam masyarakat merupakan pengertian sosialisasi menurut ...
a.
David Gaslin
b.
Peter L.
Berger
c.
C. Wright Mills
d.
Kingsley Davis
e.
Edwart T. Hall
7.
Perhatikan
pernyataan berikut!
1.
Keturunan
2.
Pengalaman unik
3.
Usia
4.
Kebudayaan
5.
Kondisi fisik
Dari
pernyataan diatas yang termasuk ke dalam faktor pembentuk kepribadian adalah
nomor ...
a.
1,2, dan 4
b.
1,2, dan 5
c.
1,3,dan 5
d.
1,4 dan 5
e.
2,3 dan 4
8.
Mnurut Dreeben,
terdapat beberapa hal yang dipelajari anak selain membaca, menulis, dan
berhitung yaitu ...
a.
Universalisme
dan kemandirian
b.
Prestasi dan prinsip
hidup
c.
Budaya dan
kepribadian
d.
Nilai dan norma
sosial
e.
Pandangan hidup dan
gagasan
9.
Keseluruhan perilaku
individu yang khas berinteraksi dengan serangkaian situasi disebut ...
a.
Sosialisasi
b.
Tingkah laku
c.
Interaksi sosial
d.
Kepribadian
e.
Tindakan sosial
10. Faktor
utama sosiologi dalam memandang
kepribadian adalah ...
a.
Kebudayaan dan
pengalaman kelompok
b.
Warisan biologis dan
lingkungan fisik
c.
Bentuk fisik dan
golongan darah
d.
Pengalaman unik dan
warisan biologi
e.
Kebudayaan
dan lingkungan fisik
SOAL KELAS XI SEMESTER I
1.
Profesdi dalam
masyarakat majemuk paling tepat dimasukkan ke dalam . . . .
a.
Stratifikasi d. nasionalis
b.
Heterogenitas e. kemajemukan
c.
Integrasi
2.
Berikiu ini yang
termasuk diferensiasi sosial adalah . . . .
a. Ras,
jenis kelamin, dan pendidikan
b. Kekayaan,
suku bangsa, dan agama
c. Klan, agama, dan ras
d. Pekerjaan,
jenis kelamin, dan keahlian
e. Kekuasaan,
jenis kelamin, dan agama
3.
Berikut ini yang
tidak termasuk kriteria suku bangsa adalah kesamaan . . . .
a.
Tipe fisik d. Adat istiadat
b.
Kebudayaan e. Agama
c.
Kesenian
4.
Kelompok kekerabatan
berdasarkan garis keturunan secara unilateral dan bersifat sosiomagis disebut .
. . .
a.
Ras d. Etnis
b.
Klan e. Profesi
c.
Agama
5.
Orang India
merupakan campuran dari ras . . . .
a.
Negroid dan
austroloid d. Veddoid dan melanosoid
b.
Kaukasoid
dan mongoloid e. Negrito dan kaukasoid
c.
Mongoloid da negroid
6.
Adanya subras
seperti Mangalaya mongoloid adalah akibat dari . . . .
a.
Amalgamasi d. Adaptasi
b.
Interaksi e. Pengaruh iklim
c.
Integrasi
7.
Sikap yang selalu
mengukur kebudayaa sendiri dengan kebudayaan lain disebut . . . .
a. Nasionalisme d. Monopoli
b. Chauvinisme e. Egoisme
c. Etnosentrisme
8.
Diferensi yang
timbul karena warna kulit dan bentuk rambut disebut ciri . . . .
a.
Fenotip
kuantatif d. Heterogenitas
b.
Fenotip kualitatif e. Ketidaksamaan sosial
c.
Kemajemukan sosial
9.
Kemajemukan
masyarakat indonesia berdasarkan agama ditandai dengan . . . .
a. Kebebasan
melakukan penyebaran agama
b. Kebebasab
seorang dalam melakukan ibadah
c. Kesiapa
seseorang dalam melaksanakan ajaran agamanya
d. Diakuinya keberadaan agama beserta pemeluknya
e. Bebas
berpindah agama sesuai keinginan
10. Ciri
pokok yang membedakan suatu bangsa dengan bangsa lain adalah . . . .
a. Kebutuhan
primernya
b. Perasaan nasionalismenya
c. Ciri-ciri
fisiknya
d. Agama
yang dianutnya
e. Tingkat
perekonomianny6a
11. Giferensiasi
jenis kelami pada masyarakat tradisional dikaitkan dengan . . . .
a.
Kepribadian d. Ketureunan
b.
Pola pendidikan e. Kemampuan bekerja
c.
Ciri-ciri fisik
12. Kemajemukan
masyarakat yang dikaitkan dengan bidang ekonoimi adalah . . . .
a. Mengakui
bahwa bangsa memiliki kekayaan budaya dari setiap suku budaya
b. Keanekaragaman budaya dapat mendatangkan devisa negara
c. Diberikan
kebebasan kepada setiap suku bangsa mengelola wilayahnya
d. Budaya-budaya
langka dapat dibisniskan sesuai kebutuhan masyarakat
e. Kebebasan
untuk melakukan promosi kekayaan budayanya bagi setiap wilayah
13. Salah
satu alasan terjadinya kemajemukan adalah karena perebedaan . . . .
a.
Iklim d. Letak geografis
b.
Mata pencaharian e. Kepribadian
c.
Pola pikir
14. Sikap
yang cocok pada masyarakat majemuk agar tidak terjadi konflik adalah . . . .
a. Kompromis d. Toleransi
b. Koordinasi e. Demokrasi
c. Kerja
sama
15. Ciri
khas yang menunjukan kemajemukan bangsa indonesia adalah . . . .
a. Pernah
dijajah oleh bangsa yang sama
b. Asal-usul
bangsa indonesia hanya merupakan satu ras
c. Ada bahasa dan budaya yang beraneka ragam
d. Ras
yang berada di indonesia berasal dari ras kaokasoid
e. Berasal
dari nenek moyang yang sama
16. Bangsa
indonesia dalan kemajemukan dapat bersatu karena . . . .
a. Memiliki nasib dan perjuangan yang sama
b. Memiliki
nasib dan kebudayaan yang sama
c. Setiap
suku bangsa memiliki wilayah yang sangat luas
d. Setiap
warga dapat menyesuaikan diri dengan adatnya
e. Memiliki
ciri-ciri fisik yang sama
17. Disuatu
wilayah yang dihuni oleh banyak etnis pernah terjadi banyak pertentangan paham
atau pendapat. Akhirnya, pertentangan ini menimbulkan konflik. Kasus tersebut
mencerminkan adanya hubungan antara . . . .
a. Suku
bangsa dan perbedaan paham
b. Kemajemukan dan konflik
c. Suku
bangsa dan konflik
d. Kemajemukan
dan perbedaan kepribadian
e. Konflik
dan perbedaan paham
18. Diferensiasi
berdasarkan gender pada masyarakat maju dikaitkan dengan . . . .
a.
Kepribadian d. Pola pendidikan
b.
Keahliannya e. Keturunan
c.
Tingkah laku
19. Unsur-unsur
struktur sosial antara lain . . . .
a. Diferensiasi
dan hubungan sisoal
b. Pranata dan kelompok sosial
c. Hubungan
sosial dan kelolpok sosial
d. Pola
sosial dan stratifikasi sosial
e. Stratifikasi
dan hubungan sosial
20. Masyarakat
indonesia pada umumnya termasuk dalam ras . . . .
a. Kaukasoid
mediteran
b. Asiatic
mongoloid
c. Malaya mongoloid
d. Indoaustronesia
e. Malaya
malanesia
21. Stratifiksasi
sosial dimasyrakat terbentuk karena adanya . . . .
a. Kemajemukan
dalam masyarakat
b. Penghargaan lebih terhadap sesuatu
c. Dominasi
terhadap kelompok lain
d. Distribusi
hak dan kewajiban
e. Pengaturan
status dan peranan
22. Stratifikasi
sosial pada masyarakat yang menganut sistem kasta bersifat . . . .
a. Terbuka
b. Campuran
c. Tertutup
d. Bebas
e. Terorganisasi
23. Masyarakat
kota dan modern cenderung mudah menerima unsur-unsur yang datang dari luar. Hai
ini disebabkan pandangan masyarakat tersebut bersifat . . . .
a. Rasialis
b. Individualis
c. Pluralistis
d. Demokratis
e. Meterialistis
24. Fungsi
stratifikasi sosial yang berkaitan dengan sifat stratifikasi yang dianut oleh
suatu masyarakat adalah . . . .
a. Mudah
/ sukarnya bertukar kedudukan atau status
b. Distribusi hak-hak istimewa yang objektif
c. Simbol
status yang mencerminkan peranan orang tersebut
d. Sistem
pertanggan yang diciptakan anggota masyarakat
e. Solidaritas
diantara anggota masyarakat
25. Yang
termasuk acieve status adalah . . . .
a. Jenis
kelamin
b. Kasta
Brahmana
c. Gelar
bangsawan
d. Dokter ahli
e. orang
kulit putih
26. Kata konflik berasal dari . . . .
a. Bahasa Inggris
b. Bahasa Jerman
c. Bahasa Indonesia
d. Bahasa Yunani
e. Bahasa Latin
27. Atri dari kata konflik “confligere”, yaitu . . . .
a. Saling membenci
b. Saling memukul
c. Saling naku-hantam
d. Tawuran
e. Berantem
28. Usaha-usaha untuk meredakan pertikaian atau konflik
dinamakan . . . .
a. Mediasi
b. Arbitrasi
c. Ajudikasi
d. Akomodasi
e. Konsiliasi
29. Proses disosiatif trejadi apabila didalamnya terdapat
. . . .
a. Kompetisi
b. Konflik
c. Bargaining
d. Koordinasi
e. Akomodasi
30. Konflik antar agama yang terjadi di Poso beberapa
waktu yang lalu merupakan contoh . . . .
a. Konflik Internasional
b. Konflik non realistis
c. Konflik kelas social
d. Konflik out-group
e. Konflik in-group
SOAL KELAS XI SEMESTER II
1. Kebudayaan berasal dari bahasa Sansakerta yaitu. . . .
. . .
a. dharma
b. buddhayah
c. prasetya
d. satya
e. prapanca
2. Perilaku, bahasa, dan materi merupakan contoh
kebudayaan yang bersifat. . . . ..
a. konkret
b. abstrak
c. berpola
d. mengikat
e. tradisi
3. Kebudayaan merupakan suatu hal yang bersifat turun
temurun dari satu generasi ke generasi. Artinya, kebudayaan merupakan. . . . .
.
a. supernatural
b. superorganik
c. superior
d. berpola
e. supremasi
4. Yang termasuk ke dalam unsure-unsur kebudayaan adalah
. . . . .
a. system ekonomi
b. perkawinan
c. suku bangsa
d. pluralisme
e. persatuan
5. Kalau kita merasa kedinginan, kita akan memakai
pakaian yang lebih tebal. Kita berbeda dengan hewan yang telah memiliki bulu
yang tebal untuk melindungi tubuhnya dari udara dingin. Hal ini menunjukan bahwa
. . . . . .
a. kebudayaan merupakan hal yang kita miliki bersama
b. kenudayaan merupakan hasil integrasi
c. kebudayaan didasarkan pada lambing
d. kebudayaan adalah hasil belajar
e. kebudayaan bersifat universal
6. Symbol terpenting dalam kebudayaan masyarakat adalah .
. . . .
a. artefak
b. kesenian
c. pakaian
d. alat music
e. bahasa
7. System mata pencaharian paling tua dalam kebudayaan
manusia adalah . . . . .
a. bercocok tanam
b. beternak
c. berburu dan meramu
d. berladang
e. bertani
8. Suatu bentuk kelompok kekerabatan di mana satu dan
lainnya terikat melalui garis keturunan laki-laki saja atau perempuan saja
disebut . . . .
a. kekerabatan
b. klen kecil
c. fratri
d. paroh masyarakat
e. klen besar
9. Suku bangsa Batak dan Manggarai menganut system
kekerabatan . . . .
a. patrilineal
b. matrilineal
c. ambilineal
d. unilineal
e. bilateral
10. Yang termasuk ke dalam fungsi khusus bahasa adalah . .
. . .
a. mempelajari naskah-naskah kuno
b. alat komunikasi
c. alat untuk mengekspresikan diri
d. alat untuk berinteragsi dan beradaptasi social
e. alat pemersatu bangsa
11. Ayam Den Lapeh merupakan lagu daerah yang berasal dari
. . . . .
a. Aceh
b. Jawa Barat
c. Sumatera Utara
d. Sumatera Barat
e. Riau
12. Proses social yang dapat mengakibatkan perubahan pada
system kemasyarakatan adalah . . .
a. difusi
b. asimilasi
c. orijinasi
d. akulturasi
e. inovasi
13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1. Unsure baru yang berlawanan dengan unsure lama
kemungkinan besar tidak diterima
2. Adanya suatu pengakuan bahwa unsure baru tersebut
mempunyai kegunaan
3. Kemampuan untuk mendemonstrasikan manfaat penemuan
baru tersebut
4. Pemimpin dapat membatasi proses difusi
5. Adanya pengakuan terhadap kegunaan penemuan baru
Pernyataan yang termasuk ke dalam factor-faktor yang
mempengaruhi difusi intramasyarakat adalah . . . .
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 2, 3, dan 5
14. Masuknya Islam ke Indonesia merupakan contoh . . . .
a. penetration violence
b. penetration pasifique
c. difusi
d. inovasi
e. discovery
15. Penemuan unsure kebudayaan yang baru, baik berupa alat
atau gagasan disebut . . . .
a. invention
b. inovasi
c. discovery
d. difusi
e. asimilasi
16. Criteria kelompok yang diungkapkan oleh Merton adalah
. . . .
a. ditandai dengan sering terjadinya interaksi
b. merupakan sekumpulan orang yang mandiri
c. memiliki rasa kekeluargaan yang erat
d. memiliki hukum yang bersifat memaksa
e. memiliki kesadaran untuk saling menolong
17. Masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja dan
memiliki kesepakatan antaranggota disebut . . . .
a. in-group
b. kelompok primer
c. solidaritas mekanik
d. solidaritas organic
e. paguyuban
18. Bentuk terkecil dalam suatu kelompok social disebut .
. .
a. dyad
b. monad
c. triad
d. in-group
e. out-group
19. Perasaan dalam dan luar kelompok merupakan dasar dari
. . . .
a. chauvinisme
b. nasionalisme
c. primordialisme
d. etnosentrisme
e. sukuisme
20. Sejumlah orang yang mengerumuni korban kecelakaan
mobil merupakan contoh . . . .
a. kelompok dalam
b. kerumunan
c. kelompok luar
d. public
e. kolektif
21. Teman sepermainan dan keluarga merupakan contoh . . .
. . .
a. kelompok primer
b. kelompok luar
c. kelompok sekunder
d. kelompok social
e. kerumunan
22. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri paguyuban adalah
. . . . .
a. eksklusif
b. inklusif
c. terbuka
d. berdasarkan perjanjian
e. memiliki struktur
23. Pandangan yang menyatakan bahwa orang Cina bersifat
licik merupakan contoh . . . .
a. stereotip
b. antipati
c. antagonisme
d. prasangka
e. primordialisme
24. Yang termasuk ke dalam bentuk dominasi adalah . . . .
a. genosida dan akulturasi
b. genosida dan segregasi
c. difusi dan asimilasi
d. segregasi dan integrasi
e. integrasi dan pluralism
25. semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang dimiliki bangsa
Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat indonesia merupakan . . .
a. masyarakat majemuk
b. masyarakat sosialis
c. masyarakat otoriter
d. masyarakat demokratis
e. msyarakat modern
26. yang termasuk ke dalam pola hubungan paternalism
adalah . . .
a. masyarakat madani
b. masyarakat colonial
c. masyarakat agraris
d. masyarakat majemuk
e. masyarakat status
27. keinginan manusia untuk hidup bersama dengan orang
lain disebut . . . .
a. insting
b. gregariousness
c. hasrat
d. pengelompokan social
e. naluri
28. kelompok primer dalam masyarakat Indonesia dikenal
pula dengan sebutan . . . .
a. patembayan
b. paguyuban
c. kelompok social
d. masyarakat majemuk
e. masyarakat perkotaan
29. sikap terhadap kelompok luar ditandai dengan . . . . .
a. simpati
b. perasaan senasib
c. kekerasan
d. antipati
e. konflik
30. kinloch mengemukakan criteria yang mendasari hubungan
antarkelompok yaitu . . . . .
a. criteria kebudayaan
b. kriteria kekuasaan
c. criteria pekerjaan
d. criteria peranan social
e. criteria pendidikan
31. karakteristik keragaman masyarakat antarkelompok
menurut Van den Berghe adalah . . . .
a. adanya dominasi politik oleh suatu kelompok
atas kelompok lain
b. musyawarah untuk menyelesaikan konflik
c. mengembangkan rasa saling tenggang rasa yang sangat
tinggi
d. memiliki segmentasi budaya yang jelas
e. memiliki keragaman budaya
32. dasar berpikir dari masyarakat multicultural adalah .
. . . .
a. pluralisme
b. etnosentrisme
c. multikulturalisme
d. liberalisme
e. demokratisasi
33. masyarakat yang berusaha untuk membatasi pergaulannya
dengan masyarakat lain dianggap dapat merusak budayanya disebut . . . .
a. masyarakat desa
b. masyarakat eksklusif
c. masyarakat inklusif
d. masyarakat nelayan
e. masyarakat pertanian
34. perhatikan perntaan-pernyataan beriku!
1. Pola piker cenderung rasional
2. Cenderung bersifat sekuler
3. Religious magis
4. Tingkat mobolitas social rendah
5. Sangat tergantung pada alam
Yang termasuk ke dalam cirri masyarakat desa adalah .
. . .
a. 1,2, dan 3
b. 1,2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
35. Factor yang memengaruhi terjadinya konflik dalam
masyarakat Indonesia adalah . . .
a. Adanya perbedaan sikap atau pendirian
b. Sikap menerima perubahan secara kritis
c. sangat percaya pada rasionalitas
d. terjadinya disintegrasi bangsa
e. pendistribusian kekayaan yang tidak merata
36. dari segi lokalitas, masyarakat Indonesia dibagi
menjadi . . . .
a. masyarakat konservatif dan modern
b. masyarakat eksklusif dan inklusif
c. masyarakat desa dan kota
d. masyarakat pertanian dan nelayan
e. masyarakat tradisional dan modern
37. contoh masalah masyarakat Indonesia yang bersifat
horizontal adalah . . .. .
a. kekuasaan dan kekayaan
b. kekayaan dan suku bangsa
c. ras dan kekayaan
d. suku bangsa dan agama
e. agama dan pendidkan
38. factor-faktor yang mendorong keragaman masyarakat
Indonesia dalah . . . . .
a. keadaan geografis Indonesia
b. sumber alam yang melimpah
c. mata pencaharian yang berbeda
d. realitas social dan budaya yang khas
e. adanya dominasi terhadap minoritas
39. manfaat masyarakat multicultural aldalah . . . .
a. kebenaran menjadi monopoli orang yang berkuasa
b. munculnya rasa tidak menghargai kebudayaan lain
c. sebagai benteng pertahanan terhadap ancaman
yang timbul dari budaya capital
d. menjadi alat untuk mengembangkan adat dan tradisi
e. dapat berfungsi sebagai alat untuk mengevaluasi
kinerja masyarakat
40. masyarakat multicultural adalah . . . . .
a. masyarakat yang mengakui beragam keunikan budaya,
tetapi tidak mengekang kelompok lain
b. masyarakat yang mengakui beragam budaya,
tetapi mendominasi kelompok lain
c. masyarakat yang memilki subkebudayaan yang berbeda
d. masyarakat yang mengakui keragaman kelompok lain,
tetapi seringkali mengalami konflik
e. masyarakat yang berintegrasi dalam satu pemerintahan
yang otoriter
SOAL KELAS XII SEMESTER I
1. Fungsi pranata keluarga yang paling alamiah adalah ...
a. Membahagiakan keluarga
b. Mendidik anak
c. Mewariskan budaya
d. Membantu masyarakat
e. Melanjutkan
keturunan
2. Seperangkat norma yang dibentuk, diubah, dan dipertahankan
manusia disebut ...
a. Asosiasi social
b. Adat kebiasaan
c. Lembaga social
d. Tata tertib
e. Peraturan
3. Perkawinan yang dilakukan dalam lingkungan sendiri
disebut ...
a. Homogami
b. Poligami
c. Heterogami
d. Eksogami
e. Endogami
4. Salah satu
fungsi laten lembaga pendidikan adalah ...
a. Transmisi kebudayaan masyarakat
b. Mengajarkan
peranan sosial
c. Membuat orang mandiri
d. Penguluran masa ketidakdewasaan
e. Mendapatkan lapangan pekerjaan
5. Masyarakat dan kebudayaan akan bertahan atau berubah
apabila ...
a. Sesuai atau tidak sesuai
b. Maju atau mundur
c. Homogen atau heterogen
d. Formal atau informal
e. Religius atau sekuler
6. Kenakalan
remaja disebabkan oleh ...
a. Frustasi karena kegagalan
b. Keluarga yang tidak harmonis
c. Penyalahgunaan kebebasan
d. Lingkungan sekolah yang tidak disiplin
a. Semuanya benar
7. Kesamaan
modernisasi, westernisasi, dan sekularisasi terletak pada ...
a. Kepentingan ekonomi
b. Kepentingan politik
c. Kepentingan dunia
d. Kepentingan sosial
e. Kepentingan budaya
8. Contoh
westernisasi adalah ...
a. Giat belajar untuk kemajuan bangsa
b. Berpakaian ala
Michael Jackson
c. Menghindari masuknya unsur budaya barat
d. Mempelajari budaya barat
e. Bepergian ke negara barat
9. Contoh
modernisasi di bidang sikap dan nilai adalah ...
a. Menghargai semua tingkah laku orang barat
b. Meniru mode dan kebiasaan masyarakat Amerika
c.
Menolak seluruh
tradisi masyarakat desa
d. Menghargai waktu
dan meningkatkan disiplin
e.
Menerima
tradisi nenek moyang bangsa lain
10. Terjadinya modernisasi di Indonesia dilandasi oleh
keinginan untuk ...
a. Hidup lebih makmur
b. Menikmati pembaharuan
c.
Menikmati
potensi yang dicapai
d. Lebih menghargai waktu
e.
Peningkatan
disiplin
11. Faktor dominan yang mendorong timbulnya modernisasi
adalah ...
a. Komunikasi massa
b. Revolusi social
c.
Reformasi total
d. Pendidikan
e.
Lingkungan
kekotaan
12. Faktor yang berpengaruh terhadap penerimaan suatu
unsur baru adalah ...
a. Tidak sejalan dengan nilai masyarak
b. Sejalan dengan
kemauan pemerintah
c.
Belum
tersedianya alat telekomunikas
d. Unsur yang melandasi belum jelas
e.
Langsung dirasakan manfaatnya
13. Penemuan baru secara sengaja dan direncanakan secara
matang paling banyak dilihat pada bdang ...
a. Sosial
b. Politik
c.
Agama
d. Kesusasteraan
e.
Teknologi
14. Perubahan mode pakaian adalah perubahan yang tidak
luas, karena ...
a. Selalu menguntungkan pedagang
b. Hanya diikuti oleh
golongan tertentu
c.
Tidak ada
hubungan dengan poitik
d. Hanya untuk kebutuhan sekunder
e.
Diciptakan oleh
pedagang
15. Pada prinsipnya, perubahan dalam masyarakat ada dua,
yaitu ...
a. Perubahan
struktural dan fungsional
b. Perubahan konstruktif dan destruktif
c.
Perubahan
fungsional dan proses
d. Perubahan proses dan destruktif
e.
Perubahan struktural dan proses
16. Teknologi masyarakat modern yang memberikan hasil
negatif adalah ...
a. Kesenjangan social
b. Komunikasi yang cepat
c.
Tingginya
standar hidup
d. Transportasi yang lancer
e.
Tenaga kerja
yang terampil
17. Ciri masyarakat
modern yang cocok dengan tuntutan globalisasi adalah ...
a. Memanfaatkan peluang dan mencari keuntungan
b. Mandiri dan menghargai waktu
c.
Kontrol diri
yang baik dan berwawasan luas
d. Menghargai kaum lemah dan menjunjung tinggi HAM
e.
Melihat ke masa depan dan berteknologi tinggi
18. Contoh perubahan sosial yang bersifat regress
adalah ...
a. Masuknya budaya asing
b. Gotong royong yang
mulai mundur
c.
Penanganan
kejahatan secara terpadu
d. Penyuluhan bahaya narkotika
e.
Revolusi sosial
di negara maju
19. Dampak negatif modernisasi masyaraat Indonesia yang
berkaitan dengan sikap imitasi adalah …
a. Konsumerisme
b. Hedonisme
c.
Westernisasi
d. Individualisme
e.
Kriminalisme
b. Melibatkan seluruh lapisan masyarakat
c.
Digerakkan oleh
pimpinan yang kharismatik
d. Dilakukan secara bertahap
e.
Dilakukan
dengan segera
SOAL KELAS XII SEMESTER II
1.
Manfaat
diadakannya diskusi kelas dalam penyajian laporan penelitian yang berkaitan
dengan sikap demokratis …
a.
Agar siswa berani mengeluarkan pendapat dengan bebas tanpa tekanan
b.
Melatih
siswa mempraktikan pengetahuan yang didapatkan disekolah
c.
Siswa
dapat berfikir secara kritis dn inovatis
d.
Guru
dapat memberikan arahan yang positif kepada siswa
e.
Melatih
siswa mampu menjadikan pemimpin yang disegani anak buahnya
2.
Bagian
akhir dari laporan penelitian berisi …
a.
Hasil
penelitian
b.
Daftar pustaka
c.
Kesimpulan
d.
Glosarium
e.
Indeks
3.
Daftar
bacaan, contoh fomat foto,atau dokumen diletakan pada …
a.
Bagian
isi
b.
Pengantar
c.
Gambaran
penelitian
d.
Lampiran
e.
Pendahuluan
4.
Kegunaan
mean dalam penelitian …
a.
Agar
mudah dihitung
b.
Mencari
hubungan antara dua varuabel
c.
Menghitung
jumlah responden
d.
Raliabel
untuk menskor data
e.
Membantu
pengumpulan data lapangan
5.
Data
yang diperoleh dalam penelitian kuantitatif berupa …
a.
Fakta-fakta
yang harus diolah
b.
Kaliamat
pertanyaan
c.
Simbol-simbol
perasaan
d.
Lambang
angka-angka
e.
Pertanyaan
6.
Salah
satu sikap yang harus dimiliki oleh seseorang peneliti adalah kritis, artinya …
a.
Mendasarkan
pemekirin pada unsur logika
b.
Juju
dan terbuka untuk umum
c.
Selalu
menanyangkan prosedur penelitian
d.
Selalu
menganalisis setiap persoalan
e.
Memberikan
suatu kesimpulan pada laporan
7.
Sample
yang diambil menurut jenjang-jenjang tertentu dair suatu kelompok masyarakat
dinamika …
a.
Sample
acak
b.
Sample
kelompok
c.
Sample
wilayah
d.
Sample
kuota
e.
Sample
strata
8.
Data
yang langsung didapat dari lapangan disebut …
a.
Eksternal
b.
Kualitatif
c.
Kuantitatif
d.
Primer
e.
Sekunder
9.
Angket,
tes, dan wawancara termasuk dalam …
a.
Sumber
data
b.
Instrumental
c.
Objek
penelitian
d.
Prasarana
penelitian
e.
Dokumen
penelitian
10. Petugas sensus mendatangi setiap rumah
untuk menyanyangkan tentang jumlah kepala keluarga, mata pencaharian , agama,
pendidikan, dan lain-lain. Dilihat dari cara memperoleh, data tersebut adalah
data …
a.
Kualitatif
b.
Kuantitatif
c.
Eksternal
d.
Sekunder
e.
Primer
0 komentar:
Posting Komentar