"TUGAS 7" SOAL-SOAL IPS SMA

Posted by Unknown



SOAL KELAS X SEMESTER I
1.      Suatu yang dianggap berharga, berguna pantas oleh orang disebut . . . .
a.      norma
b.      nilai
c.       hobi
d.      moral
e.       tindakan
2.      Contoh nilai yang telah melembaga dalam kehidupan masyarakat antara lain. . . .
a.      gotong royong
b.      sikap individualistic
c.       sikap materialistic
d.      konsumeristik
e.       nepotisme
3.      Sanksi yang diberikan kepada seseorang bertujuan untuk . . . .
a.      agar si pelaku lebih terkenal
b.      dapat meningkatkan generasi seseorang
c.       agar terdapat perubahan tingkah laku
d.      membuat rasa malu bagi si pelanggar
e.       membuat si pelaku kebal hokum
4.      Suatu perbuatan yang diulang-ulangi dalam bentuk yang sama sehingga menjadi pola masyarakat disebut . . . .
a.      usage
b.      folkways
c.       adat  istiadat
d.      mores
e.       custom
5.      Norma yang daya pengikatnya rendah disebut . . . .
a.      folkways
b.      mores
c.       usage
d.      habit
e.       custom
6.      Contoh sanksi yang diberikan kepada orang yang melanggar adat yang dirasa berat adalah . . . .
a.      cemoohan
b.      hukuman penjara
c.       cdelaan
d.      pengucilan dari masyarakat
e.       digosipkan
7.      Nilai kebenaran yang berguna bagi rohani manusia bersumber pada . . . .
a.      kepercayaan terhadap suatu agama
b.      keyakinan diri sendiri
c.       perasaan manusia
d.      unsure akal manusia
e.       unsure indera manusia
8.      Himpunan petunjuk untuk perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat atau Negara adalah . . . .
a.      norma kebiasaan
b.      norma
c.       norma adat
d.      norma agama
e.       norma kesusilaan
9.      Kehidupan dalam suatu masyarakat akan berjalan tertib dan  teratur jika anggota masyarakat sendiri bertindak sesuai dengan yang diharapkan,  yang berpedoman pada . . . .
a.      apa yang di kehendaki
b.      kebiasaan yang telah mendarah daging
c.       aturan penguasa
d.      norma yang berlaku
e.       symbol-simbol kekuasaan
10. Contoh nilai yang mendarah daging di bawah ini adalah . . . .
a.      setiap hari ibu member jajan kepada anaknya
b.      ayah setiap hari berpesan kepada ibu agar menjaga anak-anak dengan baik
c.       seorang prajurt berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh
d.      selamatan tujuh bulan selalu dilaksanakan olah masyarakat tertentu bagi wanita hamil anak pertama
e.       larangan buang air kecil di sembarag tempat bagi orang-orang yang beradab
11. Segala sesuatu yang berguna bagi unsure manusia disebut unsure . . . .
a.      material
b.      vital
c.       kerohanian
d.      kebaikan
e.       kebenaran
12. Nilai-nilai social mempunyai fungsi umum, antara lain . . . .
a.      mengukur usaha manusia dalam memperlakukan usaha tersebut
b.      mengukur kedudukan seorang dalam menggunkan nilai tersebut
c.       mengarahkan manusia dalam berpikir dan bertingkah laku
d.      mengukur seberapa banyak orang yang menganut nilai tersebut
e.       merupakan langkah awal bagi manusia untuk memperkuat kekuasaannya
13. Aturan yang disebut dalam masyarakat untuk mencapai keseimbangan social disebut . . . .
a.      nilai
b.      adat istiadat
c.       pandangan hidup
d.      norma
e.       kebiasaan
14. Dilarang mencuri, membunuh, dan memperkosa. Hal tersebut menunjukan adanya keterkaitan antara norma yang satu dengan norma yang lain, yaitu antara . . . .
a.      norma kesopanan dengan norma kebiasaan
b.      norma kelakuan dengan norma hokum
c.       norma hokum dengan norma agama
d.      norma kebiasaan dengan norma adat istiadat
e.       norma agama dengan norma kesopanan
15. Aturan yang umumnya tidak ditilis, tetapi tetap dianut oleh masyarakat, dan bagi siapa saja yang melanggar tetap dikenakan sanksi, yaitu . . . .
a.      adat istiadat
b.      norma kesusilaan
c.       tata kelakuan
d.      norma hokum
e.       norma kebiasaan
16. Norma hukum bagi masyarakat mempunyai sifat sebagai berikut . . . .
a.      tidak dapat dipaksakan karena harus ada kesadaran
b.      dapat dilaksanakan karena berlaku untuk umum
c.       tergantung situasi dan kondisi masyarakat
d.      tergantung jenis pelanggaran dan jenis sanksinya
e.       tingkatnya paling rendah dan sanksinya ringan
17. Proses social yang termasuk proses asosiatif adalah sebagia berikut, kecuali. . . .
a.      akomodasi
b.      kerjasama
c.       koltraversi
d.      asimilasi
e.       akulturasi
18. Factor-faktor yang mendorong manusia berinteraksi antara lain sebagai berikut, kecuali dorongan untuk . . . .
a.      mempertahankan diri
b.      menyendiri
c.       memenuhi kebutuhan hidup
d.      hidup bersama
e.       meneruskan ketuurunan
19. Suatu interaksi social diawali dengan . . . .
a.      kontak social
b.      perilaku social
c.       hubungan social
d.      kehidupan social
e.       jalinan social
20. Interaksi langsung mempunyai keuntungan diantaranya adalah . . . .
a.      proses lebih mudah
b.      proses lebih ekonomis
c.       berlangsung lebih prektis
d.      salah paham dapat segera dicegah
e.       proses berlangsungnya lebih efesien
21. Akomodasi bertujuan untuk,kecuali . . . .
a.      mengurangi pertentangan individu dan kelompok
b.      mencegah meledaknya suatu pertentangan
c.       mengusahaan peleburan antar kelompok social yang terpisah
d.      memungkinkan terjadinya kerjasama antar kelompok social
e.       membuat pertentangan kelompok dengan individu
22. Factor  yang mempengaruhi interaksi social yang disebabkan oleh proses mempersamakan perasaan dengan perasaan orang lain disebut . . . .
a.      sugesti
b.      simpati
c.       imitasi
d.      identifikasi
e.       motivasi
23. Bentuk-bentuk kerjasama antara lain . . . .
a.      bargaining
b.      cooptation
c.       competition
d.      coalition
e.       joint vneture
24. Proses akomodasi dengan cara mempertemukan keinginan-keinginan pihak yang berselisih disebut . . . .
a.      koersi
b.      arbitrasi
c.       toleransi
d.      konsiliasi
e.       ajudikasi
25. Bila golongan minoritas mengalami gangguan dari penguasa, maka akan . . . .
a.      mendorong akulturasi
b.      menghambat akomodasi
c.       menghambat asimilasi
d.      mendorong rekonsiliasi
e.       menghambat proses social
26. Proses disosiatif meliputi hal-hal berikut, kecuali . . . .
a.      persaingan
b.      pertentangan
c.       kontravensi
d.      stalemate
e.       konflik
27. Konflik dapat terjadi kerena sebagai berikut, kecuali . . . .
a.      perbedaan kepribadian
b.      perbedaan suku ras
c.       perbedaan keturunan
d.      perbedaan kepentingan
e.       perubahan social
28. Pertentangan yang terjadi antar golongan dalam suatu masyarakat yang berdaulat disebut . . . .
a.      pertentangan pribadi
b.      pertentangan antar kelas social
c.       pertentangan internasional
d.      pertentangan politik
e.       pertentangan social
29. Suatu bentuk penyelesaian konflik melalui pengadilan disebut . . . .
a.      ajudikasi
b.      stalemate
c.       toleransi
d.      penyesuaian sengketa
e.       konsiliasi
30. Dinamika social progresif adalah kondisi social yang selalu . . . .
a.      tidak berubah
b.      bergerak mundur
c.       bergerak tanpa arah
d.      bergerak maju tanpa nilai
e.       bergerak maju terkendali
31. Salah satu cirri-iri interaksi social antara lain . . . .
a.      diawali dengan komunikasi
b.      pelakunya minimal lebih dari 2 orang
c.       memiliki dimensi waktu
d.      memiliki peranan
e.       ada perbedaan anter pelaku
32. Tingkah laku yang diharapkan diperbuat seseorang sesuai dengan statusnya adalah . . . .
a.      nilia social
b.      norma social
c.       komunikasi social
d.      peranan social
e.       keteraturan social
33. Bila semua kelompok anggota kelompok social berusaha menyesuaikan diri dengan aturan yang telah mereka buat, maka proses social order ini termasuk tahap . . . .
a.      menciptakan tertib social
b.      keteraturan social
c.       keajengan
d.      terpola
e.       dinamis
34. Nonton siaran berlangsungnya Pansus Century di DPR melalui televise termasuk . . . .
a.      kontak primer
b.      kontak sekunder langsung
c.       kontak sekunder tidak langsung
d.      kontak langsung
e.       kontak social
35. Sangking marahnya tim sepak bola kesauangannya kalah, pak Rudi melempar televisinya hingga pecah. Tindakan pak Rudi tersebutu merupakan  tindakan . . . .
a.      irasional
b.      rasional instrumental
c.       rasional berorientasi nilai
d.      tradisional
e.       afektif
36. Sosiologi lahir dari lontaran kekhawatiran seseorang ahli filsafat Prancis yang bernama ...
a.      Herbaert Spencer
b.      August Comte
c.       Thomas Hobbes
d.      Lester Frank Ward
e.       Max Weber
37. Sosiologi didasarkan pada observasi, tidak spekulatif, dan menggunakan akal sehat. Hal ini sosiologi bersifat ...
a.      Empiris
b.      Kumulatif
c.       Praktis
d.      Teoritis
e.       Non-etis
38. Sosiologi berusaha menyusun kerangka berfikir yang logis dari hasil-hasil observasi. Hal ini menunjukan bahwa sosiologi bersifat ...
a.      Empiris
b.      Kumulatif
c.       Praktis
d.      Teoritis
e.       Non-etis
39. Sosiologi menjelaskan fakta-fakta secara analitis. Hal ini menunjukan bahwa sosiologi bersifat ...
a.      Empiris
b.      Kumulatif
c.       Praktis
d.      Teoritis
e.       Non-etis
40. Bahasa latin socius yang merupakan asal kata sosiologi diartikan sebagai ...
a.      Lawan
b.      Musuh
c.       Teman
d.      Saudara
e.       Family
41. Sosiologi disebut sebagai ilmu kemasyarakatan karena ...
a.      Berkenaan dengan kehidupan masyarakat
b.      Berhubungan dengan jumlah masyarakat
c.       Ada unsur kerja sama dan pertentangan masyarakat
d.      Kumpulan manusia membentuk masyarakat
e.       Berkaitan dengan kehidupan rakyat kecil
42. Ruang lingkup sosiologi meliputi ...
a.      Interaksi sosial
b.      Hubungan sosial
c.       Kaidah sosial
d.      Proses sosial
e.       Unsur sosial
43. Bahan kajian didalam ilmu sosial adalah ...
a.      Fenomena alam dan manusia
b.      Hubungan sosial antar manusia
c.       Aspek ilmiah masyarakat
d.      Perwujudan kerohanian mayarakat
e.       Hubungan manusia dalam pemerintahan
44. Kerangka berfikir yang terdiri dari unsur-unsur yang secara logis menjelaskan hubungan sebab akibat merupakan gambaran dari ...
a.      Abstraksi
b.      Teori
c.       Generalisasi
d.      Konsep
e.       Dalil
45. Ilmu pengetahuan ditemukan dari yang sederhana kemudian berkembang kearah yang lebih kompleks dan maju sehingga memiliki sifat ...
a.      Teoritis
b.      Objektif
c.       Kumulatif
d.      Rasional
e.       Empiris
46. Berikut ini adalah contoh masalah sosial, kecuali ...
a.      Harga sembako mahal
b.      Kebodohan
c.       Rakyat miskin makin banyak
d.      Pengangguran dimana-mana
e.       Kriminalitas meningkat
47. Sosiologi selalu berusah menjelaskan  kejadian-kejadian yang ada di masyarakat, sehingga secara tidak langsung dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pembangunan masyarakat. Hal ini sesuai dengan sifat sosiologi yang termasuk ...
a.      Ilmu normatif
b.      Ilmu terapan
c.       Ilmu budaya
d.      Ilmu murni
e.       Ilmu kategoris
48. Konsekuensi sosiologi sebagai ilmu masyarakat adalah bahwa ilmu ini mempelajari tentang ...
a.      Struktur,  proses dan perubahan lingkungan hidup
b.      Populasi, dan proses perubahan sesuatu komunitas
c.       Norma, kaidah dan kebudayaan suatu masyarakat
d.      Struktur, proses dan perubahan-perubahan sosial
e.       Kesejahteraan, penghasilan dsn jumlah penduduk
49. Objek sosiologi adalah ...
a.      Hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya
b.      Hubungan manusia dan interaksi didalam masyarakatnya
c.       Adat istiadat dan kebiasaan manusia sehari-hari
d.      Kumpulan manusia sebagai makhluk hidup di bumi
e.       Hal-hal yang berhubungan dengan hidup sebagai bangsa
50. Meningkatkan daya atau kemampuan manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkunagn hidupnya merupakan ...
a.      Definisi sosiologi
b.      Manfaat sosiologi
c.       Obyek sosiologi
d.      Tujuan sosiologi
e.       Ruang lingkup sosiologi
51. Mengembangkan pengetahuan yang objektif mengenai gejala kemasyarakatan dapat bermanfaat secar efektif bagi seseorang dalam menghadapi ...
a.      Atasan langsungnya
b.      Teman sebaya nya
c.       Masalah-masalah sosial
d.      Masalah kependudukan
e.       Masalah perekonomian
52. Sosiologi dapat digunakan pada suatu cakupan paling luas yang meliputi ...
a.      Pembangunan dan penelitian
b.      Pendidikan dan keterampilan
c.       Perencanaan dan pengawasan
d.      Pelaksanaan dan pengawasan
e.       Penilaian dan penyuluhan
53. Perbedaan sosiologi dan antropologi sulit ditentukan secara tegas terutama pada ...
a.      Metode penelitiannya
b.      Obyek penelitiannya
c.       Manfaat penelitiannya
d.      Ruang lingkup penelitiannya
e.       Tujuan penelitian
54. Metode kuantitatif adalah metode yang ...
a.      Mengutamakan kualitas data
b.      Dilakukan secara sederhana
c.       Menggunakan pendekatan subjektif
d.      Menggunakan perhitungan statistik
e.       Dilakukan secara berkelanjuan
55. Berikut ini kegunaan sosiologi kecuali ...
a.      Penelitian
b.      Perencanaan sosial
c.       Anggaran pembangunan
d.      Pembangunan
e.       Pemecahan masalah sosial

SOAL KELAS X SEMESTER II
1.      Sesuatu yang ingin dicapai setelah berlangsunng nya proses sosialisasi adalah individu dapat ...
a.      Beradaptasi dengan lingkungan nya
b.      Berinteraksi dalam kelompok nya
c.       Berperilaku sesuai dengan nilai, norma, dan budaya yang berlaku dalam kelompoknya
d.      Berperilaku wajib dan diterima didalam kelompok nya
e.       Membuat perbandingan perilaku antara kelompok yang satu dengan yang lain
2.      Seseorang yang tidak pernah bersosialisasi akan sulit ...
a.      Mengemukakan pendapat dimuka umum
b.      Beradaptasi dengan masyarakat lingkungan
c.       Menerima kelebihan dan kekurangan orang lain
d.      Membedakan kenyataan dirinya dengan yang dihadapi masyarakat
e.       Menerima perbedaan perilaku dari warga masyarakat
3.      Agen sosialisasi pada tahap awal pembentukan kepribadian anak adalah ...
a.      Tokoh masyarakat
b.      Sekolah
c.       Media massa
d.      Keluarga
e.       Kelompok bermain
4.      Contoh terjadinya sosialisasi sekunder  terhadap seorang anak adalah ...
a.      Usin menjadi juara bermain layang-layang setelah diajari oleh Herman
b.      Hasan diajarkan cara memegang sendok dengan baik oleh ibunya
c.       Robin berkenalan dengan Dudi yang tinggal di sebelah rumahnya
d.      Tuti mengenalkan adiknya gambar-gambatr ikan yang ada di buku
e.       Ade bersalaman dengan kakek pada waktu berkunjung ke kampung
5.      Setelah melihat pertunjukan dilayar Televisi  yang memperlihatkan seorang jagoan dapat terbang, Budi menirukan perbuatan tersebut dan mencoba meloncat dari lantai atas rumahnya. Hal ini menunjukan bahwa peran media elektronik sangat berpengaruh terhadap ...
a.      Perkembangan pribadi individu
b.      Perkembangan fisik individu
c.       Perkembangan pola perilaku seseorang
d.      Perubahan sikap seseorang
e.       Perubahan intelektual seseorang
6.      Proses belajar  seorang anak untuk menjadi anggota yang berpartisipasi didalam masyarakat merupakan pengertian sosialisasi menurut ...
a.      David Gaslin
b.      Peter L. Berger
c.       C. Wright Mills
d.      Kingsley Davis
e.       Edwart T. Hall
7.      Perhatikan pernyataan berikut!
1.      Keturunan
2.      Pengalaman unik
3.      Usia
4.      Kebudayaan
5.      Kondisi fisik
Dari pernyataan diatas yang termasuk ke dalam faktor pembentuk kepribadian adalah nomor ...
a.      1,2, dan 4
b.      1,2, dan 5
c.       1,3,dan 5
d.      1,4 dan 5
e.       2,3 dan 4
8.      Mnurut Dreeben, terdapat beberapa hal yang dipelajari anak selain membaca, menulis, dan berhitung yaitu ...
a.      Universalisme dan kemandirian
b.      Prestasi dan prinsip hidup
c.       Budaya dan kepribadian
d.      Nilai dan norma sosial
e.       Pandangan hidup dan gagasan
9.      Keseluruhan perilaku individu yang khas berinteraksi dengan serangkaian situasi disebut ...
a.      Sosialisasi
b.      Tingkah laku
c.       Interaksi sosial
d.      Kepribadian
e.       Tindakan sosial
10. Faktor utama sosiologi dalam memandang  kepribadian adalah ...
a.      Kebudayaan dan pengalaman kelompok
b.      Warisan biologis dan lingkungan fisik
c.       Bentuk fisik dan golongan darah
d.      Pengalaman unik dan warisan biologi
e.       Kebudayaan dan lingkungan fisik
SOAL KELAS XI SEMESTER I
1.      Profesdi dalam masyarakat majemuk paling tepat dimasukkan ke dalam . . . .
a.      Stratifikasi                                     d.      nasionalis
b.      Heterogenitas                                e.      kemajemukan
c.       Integrasi
2.      Berikiu ini yang termasuk diferensiasi sosial adalah . . . .
a.      Ras, jenis kelamin, dan pendidikan
b.      Kekayaan, suku bangsa, dan agama
c.       Klan, agama, dan ras
d.      Pekerjaan, jenis kelamin, dan keahlian
e.       Kekuasaan, jenis kelamin, dan agama
3.      Berikut ini yang tidak termasuk kriteria suku bangsa adalah kesamaan . . . .
a.      Tipe fisik                                       d.     Adat istiadat
b.      Kebudayaan                                 e.     Agama
c.       Kesenian
4.      Kelompok kekerabatan berdasarkan garis keturunan secara unilateral dan bersifat sosiomagis disebut . . . .
a.      Ras                                                d.     Etnis
b.      Klan                                               e.     Profesi
c.       Agama
5.      Orang India merupakan campuran dari ras . . . .
a.      Negroid dan austroloid                d.     Veddoid dan melanosoid
b.      Kaukasoid dan mongoloid           e.     Negrito dan kaukasoid
c.       Mongoloid da negroid
6.      Adanya subras seperti Mangalaya mongoloid adalah akibat dari . . . .
a.      Amalgamasi                                  d.     Adaptasi
b.      Interaksi                                        e.     Pengaruh iklim
c.       Integrasi
7.      Sikap yang selalu mengukur kebudayaa sendiri dengan kebudayaan lain disebut . . . .
a.      Nasionalisme                                d.     Monopoli
b.      Chauvinisme                                e.     Egoisme
c.       Etnosentrisme
8.      Diferensi yang timbul karena warna kulit dan bentuk rambut disebut ciri . . . .
a.      Fenotip kuantatif                          d.     Heterogenitas
b.      Fenotip kualitatif                          e.     Ketidaksamaan sosial
c.       Kemajemukan sosial
9.      Kemajemukan masyarakat indonesia berdasarkan agama ditandai dengan  . . . .
a.      Kebebasan melakukan penyebaran agama
b.      Kebebasab seorang dalam melakukan ibadah
c.       Kesiapa seseorang dalam melaksanakan ajaran agamanya
d.      Diakuinya keberadaan agama beserta pemeluknya
e.       Bebas berpindah agama sesuai keinginan
10. Ciri pokok yang membedakan suatu bangsa dengan bangsa lain adalah . . . .
a.      Kebutuhan primernya
b.      Perasaan nasionalismenya
c.       Ciri-ciri fisiknya
d.      Agama yang dianutnya
e.       Tingkat perekonomianny6a
11. Giferensiasi jenis kelami pada masyarakat tradisional dikaitkan dengan . . . .
a.      Kepribadian                                  d.     Ketureunan
b.      Pola pendidikan                            e.     Kemampuan bekerja
c.       Ciri-ciri fisik
12. Kemajemukan masyarakat yang dikaitkan dengan bidang ekonoimi adalah . . . .
a.      Mengakui bahwa bangsa memiliki kekayaan budaya dari setiap suku budaya
b.      Keanekaragaman budaya dapat mendatangkan devisa negara
c.       Diberikan kebebasan kepada setiap suku bangsa mengelola wilayahnya
d.      Budaya-budaya langka dapat dibisniskan sesuai kebutuhan masyarakat
e.       Kebebasan untuk melakukan promosi kekayaan budayanya bagi setiap wilayah
13. Salah satu alasan terjadinya kemajemukan adalah karena perebedaan . . . .
a.      Iklim                                              d.     Letak geografis
b.      Mata pencaharian                        e.     Kepribadian
c.       Pola pikir
14. Sikap yang cocok pada masyarakat majemuk agar tidak terjadi konflik adalah . . . .
a.      Kompromis                                   d.     Toleransi
b.      Koordinasi                                     e.     Demokrasi
c.       Kerja sama
15. Ciri khas yang menunjukan kemajemukan bangsa indonesia adalah  . . . .
a.      Pernah dijajah oleh bangsa yang sama
b.      Asal-usul bangsa indonesia hanya merupakan satu ras
c.       Ada bahasa dan budaya yang beraneka ragam
d.      Ras yang berada di indonesia berasal dari ras kaokasoid
e.       Berasal dari nenek moyang yang sama
16. Bangsa indonesia dalan kemajemukan dapat bersatu karena . . . .
a.      Memiliki nasib dan perjuangan yang sama
b.      Memiliki nasib dan kebudayaan yang sama
c.       Setiap suku bangsa memiliki wilayah yang sangat luas
d.      Setiap warga dapat menyesuaikan diri dengan adatnya
e.       Memiliki ciri-ciri fisik yang sama
17. Disuatu wilayah yang dihuni oleh banyak etnis pernah terjadi banyak pertentangan paham atau pendapat. Akhirnya, pertentangan ini menimbulkan konflik. Kasus tersebut mencerminkan adanya hubungan antara . . . .
a.      Suku bangsa dan perbedaan paham
b.      Kemajemukan dan konflik
c.       Suku bangsa dan konflik
d.      Kemajemukan dan perbedaan kepribadian
e.       Konflik dan perbedaan paham
18. Diferensiasi berdasarkan gender pada masyarakat maju dikaitkan dengan . . . .
a.      Kepribadian                                 d.     Pola pendidikan
b.      Keahliannya                                 e.     Keturunan
c.       Tingkah laku
19. Unsur-unsur struktur sosial antara lain . . . .
a.      Diferensiasi dan hubungan sisoal
b.      Pranata dan kelompok sosial
c.       Hubungan sosial dan kelolpok sosial
d.      Pola sosial dan stratifikasi sosial
e.       Stratifikasi dan hubungan sosial
20. Masyarakat indonesia pada umumnya termasuk dalam ras . . . .
a.      Kaukasoid mediteran
b.      Asiatic mongoloid
c.       Malaya mongoloid
d.      Indoaustronesia
e.       Malaya malanesia
21. Stratifiksasi sosial dimasyrakat terbentuk karena adanya . . . .
a.      Kemajemukan dalam masyarakat
b.      Penghargaan lebih terhadap sesuatu
c.       Dominasi terhadap kelompok lain
d.      Distribusi hak dan kewajiban
e.       Pengaturan status dan peranan
22. Stratifikasi sosial pada masyarakat yang menganut sistem kasta bersifat . . . .
a.      Terbuka
b.      Campuran
c.       Tertutup
d.      Bebas
e.       Terorganisasi
23. Masyarakat kota dan modern cenderung mudah menerima unsur-unsur yang datang dari luar. Hai ini disebabkan pandangan masyarakat tersebut bersifat . . . .
a.      Rasialis
b.      Individualis
c.       Pluralistis
d.      Demokratis
e.       Meterialistis
24. Fungsi stratifikasi sosial yang berkaitan dengan sifat stratifikasi yang dianut oleh suatu masyarakat adalah . . . .
a.      Mudah / sukarnya bertukar kedudukan atau status
b.      Distribusi hak-hak istimewa yang objektif
c.       Simbol status yang mencerminkan peranan orang tersebut
d.      Sistem pertanggan yang diciptakan anggota masyarakat
e.       Solidaritas diantara anggota masyarakat
25. Yang termasuk acieve status adalah  . . . .
a.      Jenis kelamin
b.      Kasta Brahmana
c.       Gelar bangsawan
d.      Dokter ahli
e.       orang kulit putih
26. Kata konflik berasal dari . . . .
a.      Bahasa Inggris
b.      Bahasa Jerman
c.       Bahasa Indonesia
d.      Bahasa Yunani
e.       Bahasa Latin
27. Atri dari kata konflik “confligere”, yaitu . . . .
a.      Saling membenci
b.      Saling memukul
c.       Saling naku-hantam
d.      Tawuran
e.       Berantem
28. Usaha-usaha untuk meredakan pertikaian atau konflik dinamakan . . . .
a.      Mediasi
b.      Arbitrasi
c.       Ajudikasi
d.      Akomodasi
e.       Konsiliasi
29. Proses disosiatif trejadi apabila didalamnya terdapat . . . .
a.      Kompetisi
b.      Konflik
c.       Bargaining
d.      Koordinasi
e.       Akomodasi
30. Konflik antar agama yang terjadi di Poso beberapa waktu yang lalu merupakan contoh . . . .
a.      Konflik Internasional
b.      Konflik non realistis
c.       Konflik kelas social
d.      Konflik out-group
e.       Konflik in-group
SOAL KELAS XI SEMESTER II
1.      Kebudayaan berasal dari bahasa Sansakerta yaitu. . . . . . .
a.      dharma
b.      buddhayah
c.       prasetya
d.      satya
e.       prapanca
2.      Perilaku, bahasa, dan materi merupakan contoh kebudayaan yang bersifat. . . . ..
a.      konkret
b.      abstrak
c.       berpola
d.      mengikat
e.       tradisi
3.      Kebudayaan merupakan suatu hal yang bersifat turun temurun dari satu generasi ke generasi. Artinya, kebudayaan merupakan. . . . . .
a.      supernatural
b.      superorganik
c.       superior
d.      berpola
e.       supremasi
4.      Yang termasuk ke dalam unsure-unsur kebudayaan adalah . . . . .
a.      system ekonomi
b.      perkawinan
c.       suku bangsa
d.      pluralisme
e.       persatuan
5.      Kalau kita merasa kedinginan, kita akan memakai pakaian yang lebih tebal. Kita berbeda dengan hewan yang telah memiliki bulu yang tebal untuk melindungi tubuhnya dari udara dingin. Hal ini menunjukan bahwa . . . . . .
a.      kebudayaan merupakan hal yang kita miliki bersama
b.      kenudayaan merupakan hasil integrasi
c.       kebudayaan didasarkan pada lambing
d.      kebudayaan adalah hasil belajar
e.       kebudayaan bersifat universal
6.      Symbol terpenting dalam kebudayaan masyarakat adalah . . . . .
a.      artefak
b.      kesenian
c.       pakaian
d.      alat music
e.       bahasa
7.      System mata pencaharian paling tua dalam kebudayaan manusia adalah . . . . .
a.      bercocok tanam
b.      beternak
c.       berburu dan meramu
d.      berladang
e.       bertani
8.      Suatu bentuk kelompok kekerabatan di mana satu dan lainnya terikat melalui garis keturunan laki-laki saja atau perempuan saja disebut  . . . .
a.      kekerabatan
b.      klen kecil
c.       fratri
d.      paroh masyarakat
e.       klen besar
9.      Suku bangsa Batak dan Manggarai menganut system kekerabatan . . . .
a.      patrilineal
b.      matrilineal
c.       ambilineal
d.      unilineal
e.       bilateral
10. Yang termasuk ke dalam fungsi khusus bahasa adalah . . . . .
a.      mempelajari naskah-naskah kuno
b.      alat komunikasi
c.       alat untuk mengekspresikan diri
d.      alat untuk berinteragsi dan beradaptasi social
e.       alat pemersatu bangsa
11. Ayam Den Lapeh merupakan lagu daerah yang berasal dari . . . . .
a.      Aceh
b.      Jawa Barat
c.       Sumatera Utara
d.      Sumatera Barat
e.       Riau
12. Proses social yang dapat mengakibatkan perubahan pada system kemasyarakatan adalah . . .
a.      difusi
b.      asimilasi
c.       orijinasi
d.      akulturasi
e.       inovasi
13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1.      Unsure baru yang berlawanan dengan unsure lama kemungkinan besar tidak diterima
2.      Adanya suatu pengakuan bahwa unsure baru tersebut mempunyai kegunaan
3.      Kemampuan untuk mendemonstrasikan manfaat penemuan baru tersebut
4.      Pemimpin dapat membatasi proses difusi
5.      Adanya pengakuan terhadap kegunaan penemuan baru
Pernyataan yang termasuk ke dalam factor-faktor yang mempengaruhi difusi intramasyarakat adalah . . . .
a.      1, 2, dan 3
b.      1, 2, dan 4
c.       1, 3, dan 5
d.      2, 3, dan 4
e.       2, 3, dan 5
14. Masuknya Islam ke Indonesia merupakan contoh . . . .
a.      penetration violence
b.      penetration pasifique
c.       difusi
d.      inovasi
e.       discovery
15. Penemuan unsure kebudayaan yang baru, baik berupa alat atau gagasan disebut . . . .
a.      invention
b.      inovasi
c.       discovery
d.      difusi
e.       asimilasi
16. Criteria kelompok yang diungkapkan oleh Merton adalah . . . .
a.      ditandai dengan sering terjadinya interaksi
b.      merupakan sekumpulan orang yang mandiri
c.       memiliki rasa kekeluargaan yang erat
d.      memiliki hukum yang bersifat memaksa
e.       memiliki kesadaran untuk saling menolong
17. Masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja dan memiliki kesepakatan antaranggota disebut . . . .
a.      in-group
b.      kelompok primer
c.       solidaritas mekanik
d.      solidaritas organic
e.       paguyuban
18. Bentuk terkecil dalam suatu kelompok social disebut . . .
a.      dyad
b.      monad
c.       triad
d.      in-group
e.       out-group
19. Perasaan dalam dan luar kelompok merupakan dasar dari . . . .
a.      chauvinisme
b.      nasionalisme
c.       primordialisme
d.      etnosentrisme
e.       sukuisme
20. Sejumlah orang yang mengerumuni korban kecelakaan mobil merupakan contoh . . . .
a.      kelompok dalam
b.      kerumunan
c.       kelompok luar
d.      public
e.       kolektif
21. Teman sepermainan dan keluarga merupakan contoh . . . . . .
a.      kelompok primer
b.      kelompok luar
c.       kelompok sekunder
d.      kelompok social
e.       kerumunan
22. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri paguyuban adalah . . . . .
a.      eksklusif
b.      inklusif
c.       terbuka
d.      berdasarkan perjanjian
e.       memiliki struktur
23. Pandangan yang menyatakan bahwa orang Cina bersifat licik merupakan contoh . . . .
a.      stereotip
b.      antipati
c.       antagonisme
d.      prasangka
e.       primordialisme
24. Yang termasuk ke dalam bentuk dominasi adalah . . . .
a.      genosida dan akulturasi
b.      genosida dan segregasi
c.       difusi dan asimilasi
d.      segregasi dan integrasi
e.       integrasi dan pluralism
25. semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang dimiliki bangsa Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat indonesia merupakan . . .
a.      masyarakat majemuk
b.      masyarakat sosialis
c.       masyarakat otoriter
d.      masyarakat demokratis
e.       msyarakat modern
26. yang termasuk ke dalam pola hubungan paternalism adalah . . .
a.      masyarakat madani
b.      masyarakat colonial
c.       masyarakat agraris
d.      masyarakat majemuk
e.       masyarakat status
27. keinginan manusia untuk hidup bersama dengan orang lain disebut . . . .
a.      insting
b.      gregariousness
c.       hasrat
d.      pengelompokan social
e.       naluri
28. kelompok primer dalam masyarakat Indonesia dikenal pula dengan sebutan . . . .
a.      patembayan
b.      paguyuban
c.       kelompok social
d.      masyarakat majemuk
e.       masyarakat perkotaan
29. sikap terhadap kelompok luar ditandai dengan . . . . .
a.      simpati
b.      perasaan senasib
c.       kekerasan
d.      antipati
e.       konflik
30. kinloch mengemukakan criteria yang mendasari hubungan antarkelompok yaitu . . . . .
a.      criteria kebudayaan
b.      kriteria kekuasaan
c.       criteria pekerjaan
d.      criteria peranan social
e.       criteria pendidikan
31. karakteristik keragaman masyarakat antarkelompok menurut Van den Berghe adalah . . . .
a.      adanya dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok lain
b.      musyawarah untuk menyelesaikan konflik
c.       mengembangkan rasa saling tenggang rasa yang sangat tinggi
d.      memiliki segmentasi budaya yang jelas
e.       memiliki keragaman budaya
32. dasar berpikir dari masyarakat multicultural adalah . . . . .
a.      pluralisme
b.      etnosentrisme
c.       multikulturalisme
d.      liberalisme
e.       demokratisasi
33. masyarakat yang berusaha untuk membatasi pergaulannya dengan masyarakat lain dianggap dapat merusak budayanya disebut . . . .
a.      masyarakat desa
b.      masyarakat eksklusif
c.       masyarakat inklusif
d.      masyarakat nelayan
e.       masyarakat pertanian
34. perhatikan perntaan-pernyataan beriku!
1.      Pola piker cenderung rasional
2.      Cenderung bersifat sekuler
3.      Religious magis
4.      Tingkat mobolitas social rendah
5.      Sangat tergantung pada alam
Yang termasuk ke dalam cirri masyarakat desa adalah . . . .
a.      1,2, dan 3
b.      1,2, dan 4
c.       2, 3, dan 4
d.      2, 3, dan 5
e.       3, 4, dan 5
35. Factor yang memengaruhi terjadinya konflik dalam masyarakat Indonesia adalah . . .
a.      Adanya perbedaan sikap atau pendirian
b.      Sikap menerima perubahan secara kritis
c.       sangat percaya pada rasionalitas
d.      terjadinya disintegrasi bangsa
e.       pendistribusian kekayaan yang tidak merata
36. dari segi lokalitas, masyarakat Indonesia dibagi menjadi . . . .
a.      masyarakat konservatif dan modern
b.      masyarakat eksklusif dan inklusif
c.       masyarakat desa dan kota
d.      masyarakat pertanian dan nelayan
e.       masyarakat tradisional dan modern
37. contoh masalah masyarakat Indonesia yang bersifat horizontal adalah . . ..  .
a.      kekuasaan dan kekayaan
b.      kekayaan dan suku bangsa
c.       ras dan kekayaan
d.      suku bangsa dan agama
e.       agama dan pendidkan
38. factor-faktor yang mendorong keragaman masyarakat Indonesia dalah . . . .  .
a.      keadaan geografis Indonesia
b.      sumber alam yang melimpah
c.       mata pencaharian yang berbeda
d.      realitas social dan budaya yang khas
e.       adanya dominasi terhadap minoritas
39. manfaat masyarakat multicultural aldalah . . . .
a.      kebenaran menjadi monopoli orang yang berkuasa
b.      munculnya rasa tidak menghargai kebudayaan lain
c.       sebagai benteng pertahanan terhadap ancaman yang timbul dari budaya capital
d.      menjadi alat untuk mengembangkan adat dan tradisi
e.       dapat berfungsi sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja masyarakat
40. masyarakat multicultural adalah . . . . .  
a.      masyarakat yang mengakui beragam keunikan budaya, tetapi tidak mengekang kelompok lain
b.      masyarakat yang mengakui beragam budaya, tetapi mendominasi kelompok lain
c.       masyarakat yang memilki subkebudayaan yang berbeda
d.      masyarakat yang mengakui keragaman kelompok lain, tetapi seringkali mengalami konflik
e.       masyarakat yang berintegrasi dalam satu pemerintahan yang otoriter
SOAL KELAS XII SEMESTER I


1.      Fungsi pranata keluarga yang paling alamiah adalah ...
a.      Membahagiakan keluarga
b.      Mendidik anak
c.       Mewariskan budaya
d.      Membantu masyarakat
e.       Melanjutkan keturunan
2.      Seperangkat norma yang dibentuk, diubah, dan dipertahankan manusia disebut ...
a.      Asosiasi social
b.      Adat kebiasaan
c.       Lembaga social
d.      Tata tertib
e.       Peraturan
3.      Perkawinan yang dilakukan dalam lingkungan sendiri disebut ...
a.      Homogami
b.      Poligami
c.       Heterogami
d.      Eksogami
e.       Endogami
4.       Salah satu fungsi laten lembaga pendidikan adalah ...
a.      Transmisi kebudayaan masyarakat
b.      Mengajarkan peranan sosial
c.       Membuat orang mandiri
d.      Penguluran masa ketidakdewasaan
e.       Mendapatkan lapangan pekerjaan
5.      Masyarakat dan kebudayaan akan bertahan atau berubah apabila ...
a.      Sesuai atau tidak sesuai
b.      Maju atau mundur
c.       Homogen atau heterogen
d.      Formal atau informal
e.       Religius atau sekuler
6.       Kenakalan remaja disebabkan oleh ...
a.      Frustasi karena kegagalan
b.      Keluarga yang tidak harmonis
c.       Penyalahgunaan kebebasan
d.      Lingkungan sekolah yang tidak disiplin
a.      Semuanya benar
7.       Kesamaan modernisasi, westernisasi, dan sekularisasi terletak pada ...
a.      Kepentingan ekonomi
b.      Kepentingan politik
c.       Kepentingan dunia
d.      Kepentingan sosial
e.       Kepentingan budaya
8.       Contoh westernisasi adalah ...
a.      Giat belajar untuk kemajuan bangsa
b.      Berpakaian ala Michael Jackson
c.       Menghindari masuknya unsur budaya barat
d.      Mempelajari budaya barat
e.       Bepergian ke negara barat
9.       Contoh modernisasi di bidang sikap dan nilai adalah ...
a.       Menghargai semua tingkah laku orang barat
b.       Meniru mode dan kebiasaan masyarakat Amerika
c.        Menolak seluruh tradisi masyarakat desa
d.       Menghargai waktu dan meningkatkan disiplin
e.        Menerima tradisi nenek moyang bangsa lain
10. Terjadinya modernisasi di Indonesia dilandasi oleh keinginan untuk ...
a.       Hidup lebih makmur
b.       Menikmati pembaharuan
c.        Menikmati potensi yang dicapai
d.       Lebih menghargai waktu
e.        Peningkatan disiplin
11. Faktor dominan yang mendorong timbulnya modernisasi adalah ...
a.       Komunikasi massa
b.       Revolusi social
c.        Reformasi total
d.       Pendidikan
e.        Lingkungan kekotaan
12. Faktor yang berpengaruh terhadap penerimaan suatu unsur baru adalah ...
a.       Tidak sejalan dengan nilai masyarak
b.        Sejalan dengan kemauan pemerintah
c.        Belum tersedianya alat telekomunikas
d.       Unsur yang melandasi belum jelas
e.        Langsung dirasakan manfaatnya
13. Penemuan baru secara sengaja dan direncanakan secara matang paling banyak dilihat pada bdang ...
a.        Sosial
b.       Politik
c.        Agama
d.       Kesusasteraan
e.        Teknologi
14. Perubahan mode pakaian adalah perubahan yang tidak luas, karena ...
a.       Selalu menguntungkan pedagang
b.       Hanya diikuti oleh golongan tertentu
c.        Tidak ada hubungan dengan poitik
d.       Hanya untuk kebutuhan sekunder
e.        Diciptakan oleh pedagang
15. Pada prinsipnya, perubahan dalam masyarakat ada dua, yaitu ...
a.        Perubahan struktural dan fungsional
b.       Perubahan konstruktif dan destruktif
c.        Perubahan fungsional dan proses
d.       Perubahan proses dan destruktif
e.        Perubahan struktural dan proses
16. Teknologi masyarakat modern yang memberikan hasil negatif adalah ...
a.        Kesenjangan social
b.       Komunikasi yang cepat
c.        Tingginya standar hidup
d.       Transportasi yang lancer
e.        Tenaga kerja yang terampil
17.  Ciri masyarakat modern yang cocok dengan tuntutan globalisasi adalah ...
a.       Memanfaatkan peluang dan mencari keuntungan
b.       Mandiri dan menghargai waktu
c.        Kontrol diri yang baik dan berwawasan luas
d.       Menghargai kaum lemah dan menjunjung tinggi HAM
e.        Melihat ke masa depan dan berteknologi tinggi
18. Contoh perubahan sosial yang bersifat regress adalah ...
a.       Masuknya budaya asing
b.       Gotong royong yang mulai mundur
c.        Penanganan kejahatan secara terpadu
d.       Penyuluhan bahaya narkotika
e.        Revolusi sosial di negara maju
19. Dampak negatif modernisasi masyaraat Indonesia yang berkaitan dengan sikap imitasi adalah …
a.        Konsumerisme
b.       Hedonisme
c.        Westernisasi
d.       Individualisme
e.        Kriminalisme
20. Pernyataan  berikut yang termasuk evolusi adalah ...
b.       Melibatkan seluruh lapisan masyarakat
c.        Digerakkan oleh pimpinan yang kharismatik
d.       Dilakukan secara bertahap
e.        Dilakukan dengan segera

 
SOAL KELAS XII SEMESTER II
1.      Manfaat diadakannya diskusi kelas dalam penyajian laporan penelitian yang berkaitan dengan sikap demokratis …
a.      Agar siswa berani mengeluarkan pendapat dengan bebas tanpa tekanan
b.      Melatih siswa mempraktikan pengetahuan yang didapatkan disekolah
c.       Siswa dapat berfikir secara kritis dn inovatis
d.      Guru dapat memberikan arahan yang positif kepada siswa
e.       Melatih siswa mampu menjadikan pemimpin yang disegani anak buahnya
2.      Bagian akhir dari laporan penelitian berisi …
a.      Hasil penelitian
b.      Daftar pustaka
c.       Kesimpulan
d.      Glosarium
e.       Indeks
3.      Daftar bacaan, contoh fomat foto,atau dokumen diletakan pada …
a.      Bagian isi
b.      Pengantar
c.       Gambaran penelitian
d.      Lampiran
e.       Pendahuluan
4.      Kegunaan mean dalam penelitian …
a.      Agar mudah dihitung
b.      Mencari hubungan antara dua varuabel
c.       Menghitung jumlah responden
d.      Raliabel untuk menskor data
e.       Membantu pengumpulan data lapangan
5.      Data yang diperoleh dalam penelitian kuantitatif berupa …
a.      Fakta-fakta yang harus diolah
b.      Kaliamat pertanyaan
c.       Simbol-simbol perasaan
d.      Lambang angka-angka
e.       Pertanyaan
6.      Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seseorang peneliti adalah kritis, artinya …
a.      Mendasarkan pemekirin pada unsur logika
b.      Juju dan terbuka untuk umum
c.       Selalu menanyangkan prosedur penelitian
d.      Selalu menganalisis setiap persoalan
e.       Memberikan suatu kesimpulan pada laporan
7.      Sample yang diambil menurut jenjang-jenjang tertentu dair suatu kelompok masyarakat dinamika …
a.      Sample acak
b.      Sample kelompok
c.       Sample wilayah
d.      Sample kuota
e.       Sample strata
8.      Data yang langsung didapat dari lapangan disebut …
a.      Eksternal
b.      Kualitatif
c.       Kuantitatif
d.      Primer
e.       Sekunder
9.      Angket, tes, dan wawancara termasuk dalam …
a.      Sumber data
b.      Instrumental
c.       Objek penelitian
d.      Prasarana penelitian
e.       Dokumen penelitian
10. Petugas sensus mendatangi setiap rumah untuk menyanyangkan tentang jumlah kepala keluarga, mata pencaharian , agama, pendidikan, dan lain-lain. Dilihat dari cara memperoleh, data tersebut adalah data …
a.      Kualitatif
b.      Kuantitatif
c.       Eksternal
d.      Sekunder
e.       Primer


0 komentar:

Posting Komentar